cover
Contact Name
Bambang
Contact Email
bambang.afriadi92@gmail.com
Phone
+6285692038195
Journal Mail Official
bambang.afriadi92@gmail.com
Editorial Address
LPPM UNJ, Gedung Ki Hajar Dewantara Lt.6-7, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 25978659     DOI : https://doi.org/10.21009/jmp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) E-ISSN: 2597-8659 is an open-access scientific journal published online through the Open Journal System. JMP published biannually, June and December by Magister Program and Doctoral Program of Education Management Universitas Negeri Jakarta. Its aim is to publish research results from the work of students and lecturers in the fields of Educaton anagement and Education Administration. Articles can be in the form of theoretical studies or research results written in Indonesian or English
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan" : 5 Documents clear
upaya peningkatan komitmen kerja upaya peningkatan komitmen kerja guru bidang studi mustaghfiroh marzuki
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.777 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i1.11079

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dan juga dampak-dampak yang ditimbulkan dari rendahnya komitmen kerja guru bidang studi di SMK Riyadlul Qur’an sehingga dapat ditemukan strategi penyelesaian masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengungkapkan data dan fakta yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen analisis terkait kehadiran guru, melakukan wawancara dengan pihak terkait, serta melakukan observasi secara langsung terkait kehadiran guru dan kepulangan guru. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik diagram pohon masalah untuk menganalisis masalah, menganalisis faktor penyebab masalah dan juga menganalisis dampak yang ditimbulkan oleh masalah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya komitmen kerja guru di SMK Riyadlul Qur’an disebabkan oleh; (1) motivasi kerja guru rendah, (2) peraturan sekolah yang berlaku tidak diterapkan secara maksimal, dan (3) kurangnya pengawasan kepala sekolah. Kata kunci: Komitmen Kerja, Guru Bidang Studi, Teknik Diagram Pohon.
Upaya Peningkatan Disiplin Guru Dini Gita Setyaningrum
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.596 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i1.11080

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to determine the causal factors and the impact caused by the problem of low teacher discipline. This study uses a qualitative approach, with problem analysis techniques using tree diagrams and descriptive analysis techniques. The location of this study was conducted at Wates 1 Sumbergempol Public Elementary School, Tulungagung Regency. Data collection techniques in this study by conducting observations, interviews and documentation. Through this research can find findings from data analysis or the problem under study. The results of this study indicate that the low discipline of teachers in Wates 1 Sumbergempol Public Elementary School, Tulungagung Regency is caused by the following factors: (1) the teacher arrives late and returns before his time; (2) school regulations that are not implemented optimally; and (3) there is no supervision from the principal regularly and continuously. Keywords: Quality of Education, Teacher Discipline Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari masalah rendahnya kedisiplinan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisis masalah menggunakan diagram pohon dan teknik analisis deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri Wates 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Melalui penelitian ini dapat menemukan temuan dari analisis data atau masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya kedisiplinan guru di SD Negeri Wates 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut: (1) guru datang terlambat dan pulang terlebih dahulu sebelum waktunya; (2) peraturan sekolah yang tidak dijalankan dengan maksimal; dan (3) tidak ada pengawasan dari kepala sekolah secara berkala dan berkelanjutan. Kata Kunci: Kualitas Pendidikan, Disiplin Guru
inviyosi PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Invi Yosi Agustina
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.877 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i1.11106

Abstract

Abstrak: Tujuan dari pembahasan artikel ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam memecahkan masalah di sekolah. Masalah dalam sekolah tersebut adalah rendahnya perkembangan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan telaah teori dari beberapa sumber bacaan. Melalui teknik pengumpulan data yang digunakan yang diperoleh dari dokumentasi yang sesuai tema artikel, wawancara dan observasi dengan pihak terkait. Berdasarkan hasil telaah teori dan studi kasus ditemukan masalah yang muncul di sekolah serta terdapat solusi yang dapat diterapkan. Kata kunci: Peran kepala Sekolah, Rendahnya perkembangan, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Pemimpin Menentuntukan Arah Manajemen Yang Baik Astri Widyani Astri
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.602 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i1.19274

Abstract

Leadership is a classic topic of discussion, but it is still very interesting to be researched because it is very decisive for an organization. Leadership is essentially the responsibility. Strong leadership is needed so that the organization can achieve its goals. Leadership is a process of influencing others to do their work according to the expected goals. Leadership has a broader understanding of power because leadership is an effort to influence people not just to do what the boss wants but also to achieve the goals of the organization's goals. This study aims to determine how the notion of leadership and leadership and how leadership theories. These results show leadership a process of how to organize and achieve performance to achieve: Leadership decisions view of trust that must be carried out in accordance with the objectives well and accountable not only in the world but also before God later in the hereafter.
PERSINGGUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN KEPEMIMPINAN VISIONER DAN SITUASIONAL Nastain Nastain
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.434 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i1.21950

Abstract

Kepemimpinan dalam sebuah organisasi memegang peranan yang sangat penting, sebab sukses tidaknya suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sangat tergantung pada kemampuan pemimpinnya untuk menumbuhkan iklim kerja sama dengan mudah dan dapat menggerakan sumber-sumber daya yang ada sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien. Berdasarkan kajian pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur-literatur yang relevan, dapat disimpulkan pertama, Kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang mencerminkan ikhtiar perubahan yang terus menerus dalam upaya mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan dengan menggerakkan semua potensi sumber daya yang ada; kedua, Kepemimpinan visioner adalah kepemimpinan yang mencerminkan masa depan, pemimpinnya berfikir jauh ke depan melampaui batas waktu saat dia berada. Dia mampu menerawang masa depan organisasi yang dipimpinnya dan kemudian mewujudkan dalam visi-visinya, ketiga, Kepemimpinan situasional adalah kepemimpinan pragmatis. Yaitu kepemimpinan yang menyesuaikan kepemimpinannya dengan situasi dan kondisi lingkungan kepemimpinannya, baik dari segi personalia bawahan maupun tugas-tugas keorganisasian dalam mencapai tujuan organisassi; keempat, Persinggungan kepemimpinan transformasional, visioner, dan situasional adalah sama-sama mengutamakan tercapainya tujuan organisasi dan terselesaikannya pekerjaan dan kesuksesan bersama dari bawahannya, kepemimpinannya diterima oleh semua bawahan dan adanya pembagian pekerjaan yang jelas antar individu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 9 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 2 Desember 2018 Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 1 Juli 2018 Vol 8 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 2 Desember 2017 Vol 8 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 1 Juli 2017 Vol 7 No 2 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 2 Desember 2016 Vol 7 No 1 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 1 Juli 2016 Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 2 Desember 2015 Vol 6 No 1 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 1 Juli 2015 Vol 5 No 2 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 2 Desember 2014 Vol 5 No 1 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 1 Juli 2014 Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Desember 2013 Vol 4 No 1 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Juli 2013 Vol 3 No 2 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Desember 2012 Vol 3 No 1 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 1 Juli 2012 Vol 2 No 2 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Desember 2011 Vol 2 No 1 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Juli 2011 Vol 1 No 2 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Desember 2010 Vol 1 No 1 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Juli 2010 More Issue